Tutorial Motret : Blur vs Tajam



Halo semua..
Selamat datang di pojok tutorial saya.

Sesuai janji yang saya tulis disini, saya coba bikin tutorial fotografi sederhana. Ya, Cuma sederhana, karena yang motret nubie, dan disajikan untuk nubie, dengan bahasa yang nubie juga. Buat master-master fotografi yang kebetulan kesasar kesini, saya persilakan untuk mengkritik habis-habisan tutorial ini.

Tutorial sederhana ini berusaha menjawab pertanyaan teman saya :
“gimana sih motret 3 buah benda, tapi fokusnya Cuma di 1 benda. 2 benda lainnya blur.” yang hasilnya kayak gambar di atas itu..

Mulai yuk.

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

- 1 buah kamera.
Mau kamera poket silakan. Asal punya setelan Aperture Priority-nya. Lebih bagus lagi DSLR dengan lensa yang bukaannya lebar. Atau lensa yang zoom nya puanjaang.
Untuk tutorial ini saya pake kamera DSLR Canon EOS 1000D dan lensa fix 50mm f.18. Dua-duanya merupakan bodi dan lensa Canon yang paling murah. Hehehehe...

- 3 buah benda
Kebetulan saya pake 1 botol minyak angin, satu botol tip-ex, dan 1 kotak isi stapler.

- Ruangan dengan pencahayaan yang cukup
Ya iyalah. Gmana mau motret di ruangan yang gelap gulita???

Cara buat :

1. Posisikan 3 benda tersebut sejajar, dengan jarak kira-kira 5cm. Ga usah diukur pake penggaris atuh.. kira-kira ajah..
2. Nyalain kamera, setel di mode Av (aperture priority).



3. atur di bukaan terbesar. Kalo di lensa yang gue pake, terbesarnya di f1.8



5. kalo pake lensa zoom, pake zoom maksimal. Misal, kalo pake lensa 18-55, ya zoom ajah sampe mentok di 55. Kalo gue sih ga bisa. Wong pake lensa fix. Hehehe
6. Fokus ke salah satu dari 3 benda tersebut. Usahain sedekat mungkin dengan benda tersebut. Eit. Jangan terlalu deket. Entar kamera nya pusing karena ga mau fokus. Udah? Jepret.



7. Nah tuh.. benda yang di tengah jelas kan? kiri kanan nya blur. Hehehe
8. Masih penasaran? Pindah ah, fokusnya ke botol minyak angin. Jepret!



Gampang kan? Kok bisa gitu sih? Sana tanya ajah sama om gugel. Hehehe.. tapi kata master-master foto sih gini kira-kira :

Bukaan diafragma lebar, dan zoom yang panjang, dan jarak ke benda yang deket, itu bisa bikin DOF (ruang ketajaman) jadi sempit.

Jadi, kalo mau bikin 3 benda itu jelas semua.. ya tinggal dibalik ajah :
Pake bukaan diafragma sempit, atau zoom nya pendekin, atau jauhin jarak ke benda yang mau dipotret. Atau kombinasi ketiganya.

Pusing? Lieur?

Saya coba set bukaan ke 5,6. Maap, blur yang terjadi itu karena kameranya goyang. Bukaan 5,6 bikiin shutter speed turun ke 1/10. hehehe...
Tapi, 3 benda itu udah ga terlalu blur kaaan???



Yah.. kira2 gitu deh tutorial sederhana saya... mudah-mudahan bermanfaat. Salam jepret...


Djoerig Tjai Toekang Ngojay..

0 komentar: