Pertamini vs Pertamina


Pasti semua orang udah tau Pertamina… tapi Pertamini? Istilah ini baru saya dapat di Luwuk. Kayaknya siiih, ini singkatan dari Pertamina Mini, alias pedagang bensin eceran, atau Pedagang Bensin Mini..., yang jualan bensin dalam bentuk botolan.. biasanya sih pake botol-botol bekas minuman keras murahan kayak Topi Miring :p

Emang sih, di Jawa juga banyak yang jualan bensin eceran ini…


jualannya per botol juga. tapi pake botol bekas Fanta ato Coca Cola... (duh.. ngiklan bgt deh..) Biasanya kita temuin di persimpangan2 jalan yang banyak tukang ojek mangkal, dan biasanya berada lumayan jauh dari Pom Bensin nya Pertamina.

Nah, kalo di Luwuk sini, Pertamini nya buanyak banget.. Ga Cuma ada di pinggiran kota yang jauh dari Pompa Bensin yang jumlahnya Cuma ada 2. Yak, betul.. DUA pompa bensin (dan juga solar) yang melayani kebutuhan BBM di Luwuk. Eh, ada 1 pompa bensin lagi, tapi jauh di luar kota, sekitar 8 kilo deh.. jadi ga saya anggep.. hehehe…

Balik ke Pertamini, seperti yang saya sebut di atas, ga Cuma di tempat yang jauh dari Pom Bensin, hasil investigasi ngedadak sepulang sholat dhuhur di mesjid agung yang kebetulan baku muka (berhadapan) dengan pom bensin, saya menemukan paling tidak 5 Pertamini dalam radius 50 meter dari pom bensin. Malah, ada 2 pertamini, yang posisinya pas di depan Pom Bensin..


Iseng-iseng, saya ngobrol dengan salah satu pemilik Pertamini yang berada di depan Pomnya Pertamina, sebut saja namanya Pak Udin, perantauan dari Makasar yang sudah 20 tahun buka Pertamini disitu. Dari hasil wawancara singkat, saya nemuin beberapa hal menarik :

- Orang Luwuk males ngantri, daripada ngantri beli bensin 6rebuan di Pertamina, mereka lebih suka beli di Pertamini seharga 7rebu sebotol.

- Bensin dijual perbotol, bukan perliter, tapi katanya sih, tiap botol bisa lebih dari seliter.

- dalam satu hari, bensin Pak Udin bisa laku 1 – 2 jerigen ukuran 35 liter. Dengan keuntungan per jerigen 25rebu. Bisa dirata-ratain kalo keuntungan hariannya paling tidak 35rebu. Atau sekitar 1juta sebulan.

- Kalo Pom Bensin ngantri, Pak Udin bisa ngejual bensin sampe 4 jerigen, berarti keuntungannya 100rebu. Kalo tiap hari ngantri, berarti penghasilannya sampe 3jt sebulan… WOW… nyaingin gajinya pegawai BUMN nih.. hehehe..


Gue juga dulu, waktu harga bensin masih 4500, suka beli di Pertamini, tapi semenjak harga bensin 6000, saya memilih untuk beli jerigen 5liter. Jadinya tiap beli bensin, saya beli 8 liter, 3 liter masuk tangki bensin, 5 liter masuk jerigen. Heheh.. lumayan mengurangi frekuensi ngantri di Pertamina dan lebih hemat dari beli di Pertamini…

Tapi jangan ditiru yaa.. kalo semua kayak saya, bisa2 para pemilik Pertamini gulung tikar.. hehehe..



(tulisan ini saya pindahkan dari blog multiply saya yang sudah diblok kantor)

Djoerig Tjai Toekang Ngojay..

0 komentar: