Berbagi Yuk..!

Sepulang dari backpacking ke KL & Singapore, saya merasa “agak” kehilangan semangat untuk memotret, terlebih lagi, berbagi mengenai memotret. Semangat itu tambah surut setelah klub fotografi kecil-kecilan kami – Horizon Line – bikin acara ngumpul-ngumpul membahas editing foto pake Lightroom & Photoshop. Ampyuuun.. Foto temen-temen saya bener-bener maknyuuussss! Kesaktian mereka menyulap foto biasa-biasa menjadi luar biasa benar-benar membuat saya minder. Pake photoshop? Lightroom? Pusing. Saya Cuma bisa edit foto pake ACDSee.



Keminderan itu yang membuat saya diam seribu bahasa menyimak jurus-jurus mempercantik foto dari teman. Ga ada jurus yang bisa saya bagi ke mereka. Lah, saya yang paling nubi. Apa yang mau saya bagi? Yang ada, saya malah tambah menyadari kebodohan saya dalam memotret : Komposisi yang tidak bagus, pemilihan angle yang monoton, POI yang gak jelas, setting white balance yang ga akurat, sampe miringnya horizon di foto-foto landscape saya.

Lagi bingung memikirkan tulisan untuk blog, seorang teman mem-buzz saya di YM. Dia memberi tahu kalau dia sudah beli kamera DSLR. Dan ini pertanyaannya :
“Kang Insan, saya pengen foto 3 benda. Tapi benda 1 jelas, yang lain blur. Caranya gimana sih?”
Lalu
”Kang, saya liat ada foto mobil lagi ngebut jelas banget, tapi latarnya blur. Itu pake teknik panning yah? Caranya gimana sih?”

Beberapa saat saya bengong karena :
1. Menurut saya, itu gampang, karena :
2. Kalau udah baca buku manualnya, pasti bisa, minimal tau teorinya, dan juga :
3. Ada ribuan artikel di internet yang membahas hal ini. Kenapa nanya saya?

Akhirnya dengan hati senang (karena bisa berbagi), saya bagikan jurus blur dan jurus panning saya ke dia.

Alhamdulillah, berkat dia, saya menemukan kembali semangat untuk berbagi. Walaupun Cuma hal kecil dan mungkin biasa-biasa saja.

Jadi, inilah tema berikutnya di blog saya : Fotografi Buat Nubie

Yuk, berbagi yuk

Luwuk, 23 Februari 2009 01.51 PM
(happy birthday Dad. Papih udah 62 taun hari ini. Semoga dikasih umur yang barakah, sehat, dan tambah banyak rejeki….)


Djoerig Tjai Toekang Ngojay..

0 komentar: